Sebuah Instansi Pemerintahan yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya warga masyarakat kecamatan Ngemplak.

Selasa, 17 Januari 2017

Kegiatan Penyuluhan DBD, Leptospirosis, Filariasis, ZIKA dan Sosialisasi STBM

Kegiatan ini dilakukan oleh petugas " Sis Nugroho dan Marsono " pada tanggal 14 Januari 2017 pada pukul 19.30 - jam 23.00 wib yang bertempat di Dukuh Gelaran 03/02 Sobokerto.

Penyakit demam berdarah dengue ( DBD ) merupakan salah satu penyakit yang sudah populer dikalangan masyarakat. Penyakit DBD adalah penyakit yang berbahaya karena dapat menimbulkan kematian dalam waktu yang singkat dan sering menimbulkan wabah. Setiap anggota keluarga dalam masyarakat memiliki resiko terserang penyakit ini mulai dari bayi sampai orang tua. Penyakit DBD ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini tersebar luas dirumah, sekolah, dan tempat umum lainnya seperti tempat ibadah, restoran, kantor dan lain- lain. 

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Leptospira yang pathogen. Gejala leptospirosis mirip dengan penyakit infeksi lainnya seperti influensa, meningitis, hepatitis, demam dengue, demam berdarah dengue dan demam virus lainnya. Leptospirosis seringkali tidak terdiagnosis karena klinis tidaj spesifik dan sulit dilakukan konfirmasi diagnosis tanpa uji laboratorium.
Penyakit kaki gajah (filariasis) adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh infeksi cacing filaria dan ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Cacing tersebut hidup disaluran dan kelenjar getah bening dengan manifestasi klinik acut berupa demam berulang, peradangan kelenjar dan saluran getah bening. Pada stadium lanjut dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, tangan, payudara dan alat kelamin, baik pada laki-laki maupun perempuan. Gejala klinis akut dan atau kronis pada penyakit ini dapat menurunkan derajat kesehatan dan kualitas sumber daya manusia. Akibatnya dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar karena penderita tidak dapat bekerja secara optimal dalam waktu yang lama (seumur hidup).
Virus Zika (ZIKV) merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamukAedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Penyakit Zika sendiri mulai diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an. Kesakitan tersebut adalah satu bentuk penyakit ringan dari demam dengue, dimana sesorang yang terjangkit dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin
Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah satu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral. Program ini telah dicanangkan pada bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI. STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Berikut Dokumentasi Penyuluhan DBD, Leptospirosis, Filariasis, ZIKA dan Sosialisai STBM yang dilakukan oleh Petugas dari Puskesmas Ngemplak : 







Tidak ada komentar :

Posting Komentar